TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI BLOG INFORMASI KAMI .....(KRITIK DAN SARAN AKAN MEMBANGUN DESA KAWENGAN LEBIH BAIK , MAJU DAN BERKEMBANG ) .....

Senin, 02 Mei 2016

Sejarah Desa Kawengan




Desa Kawengan yang merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro, mempunyai asal usul nama desa yang dapat kami uraikan secara singkat sebagai berikut :

Sebelum desa Kawengan mempunyai nama ada legenda babat desa kawitan oleh Mbah Sadu, dahulu kala ada rombongan orang buangan dan pelarian dari kerajaan Majapahit  yang sampai di wilayah Kawengan, kejadian tersebut di perkirakan sekitar tahun 1835 Masehi.

Oleh orang pendatang daerah yang masih belum berpenghuni itu di beri nama Kawitan yang mempunyai arti permulaan dan daerah itu mula - mula dihuni oleh 7 kepala keluarga dan oleh pendatang ditunjuk pula seorang Kepala Desa Kawitan. setelah berjalan beberapa tahun maka desa Kawitan yang berpenduduk sedikit itu dapat berhubungan dengan masyarakat dari daerah lain, namun dalam perkembangannya desa Kawitan tidak dapat bergabung desa lain karena alasan wabah penyakit yang sering menimpa desa Kawitan.

Pada pemilihan Kepala Desa ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon kepala desa yaitu dapat membunuh celeng ( babi hutan ) jadi - jadian, apabila syarat tersebut dapat terpenuhi maka masyarakat  langsung memilihnya menjadi Kepala Desa.

Berikut Kepala Desa Kawengan dari dulu sampai sekarang :
  • Mbah Celeng
  • Sambiyo                 ( 2 periode )
  • Lasidin                   ( 2 periode )
  • Sarpin                    ( 2 periode )
  • Sukirhadi               ( 2 periode )
  • Sapto Pujiono         ( sekarang )

2 komentar:

  1. Semoga desaku kawengan maju dan sukses dan beriman

    BalasHapus
  2. Ya Allah atas ridho dan barokah yg Allah SWT berikan kepada desa kelahiran kelahiran ku sekarang jadi desa yg maju pesat, semoga Bapak lurah dan jajaran nya aparat desa dan masyarakat desa kawengan deberikan barokah amiiiiiinnnn

    BalasHapus